Tata Cara Penulisan Naskah/ Artikel Gizi Indonesia

 

MASYARAKAT UMUM

Jurnal Gizi Indonesia atau JGI menerima naskah tentang Gizi, baik berupa hasil penelitian kajian read more

Penerimaan Artikel Jurnal Gizi Indonesia

PESERTA TEMU ILMIAH INTERNASIONAL DALAM RANGKA KONGRES PERSAGI XV

Kepada seluruh peserta Temu Ilmiah Internasional yang sudah read more

GIZI INDONESIA (TERAKREDITASI): MENERIMA NASKAH/ ARTIKEL

ON THE SPOT REGISTRATION: INTERNATIONAL CONFERENCE

ON THE SPOT REGISTRATION

INTERNATIONAL  CONFERENCE OF PROFESIONAL  BEHAVIOUR  DIETITION 

“HOW TO BE A PROFESIONAL  DIETITION read more

PELATIHAN ASUHAN GIZI DAN DIETETIK NASIONAL (PAGD) IV

Kesehatan merupakan masalah sosial, ekonomi, politik dan hak asasi manusia yang paling berharga. Kesenjangan, kemiskinan, eksploitasi, kekerasan, ketidakadilan read more

Berita Regional

Ahli Gizi: Minum Air Putih Pasca Olahraga Tidak Bikin Gemuk, Justru Wajib!

minum-setelah-olahraga

Jakarta, Saat selesai berolahraga, Anda tentu merasa tubuh menjadi lebih enteng dan ringan. Nah, ketika kemudian Anda minum air putih dan kemudian tubuh terasa ‘berat’, bukan berarti lantas minum air putih bikin gemuk, lho.
“Seringkali seseorang setelah berlatih mendapatkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan ini bukan karena terbakarnya lemak, tetapi karena kehilangan cairan. Sehingga minum setelah berlatih membuat timbangan kembali normal,” tutur Rita Ramayulis, DCN, MKes, pakar gizi, seperti ditulis dalam bukunya ‘Slim is Easy: Cara Ajaib Menurunkan Berat Badan dengan Diet REST’ dan dikutip detikHealth pada Kamis (26/6/2014).

Namun yang terjadi justru banyak orang kemudian tidak mau minum air putih setelah berlatih karena takut gemuk. Faktanya minum air putih hukumnya wajib dilakukan setelah berlatih. Tujuannya untuk menggantikan kehilangan cairan dan mencegah dehidrasi.

“Tak lupa juga untuk melancarkan proses metabolisme. Tanpa air, pembakaran lemak tidak berlangsung sempurna,” tutur staf pengajar jurusan gizi di Poltekkes Jakarta II ini.

Agar komposisi cairan tubuh tetap terjaga dan tak mengganggu proses pembakaran lemak, Rita menganjurkan Anda untuk minum air putih minimal sejumlah kehilangan berat badan setelah berlatih, ditambah jumlah air yang diminum saat berlatih.

“Minumlah air dengan suhu ruang atau suhu tubuh karena air dingin lebih lama diserap, sehingga membuat perut terasa penuh setelah meminumnya dan sulit menghilangkan rasa haus,” tutup Rita.

 

Sumber: http://health.detik.com/read/2014/06/26/174945/2620419/1410/ahli-gizi-minum-air-putih-pasca-olahraga-tidak-bikin-gemuk-justru-wajib